Wednesday, December 17, 2014

Kumano Kodo & Kumano Sanzan

A journey to the place where the Gods have lived...


Bagi turis pada umumnya, bila ke Jepang tujuan utamanya adalah Tokyo-Osaka-Kyoto. Tapi karena saya adalah turis yang tidak umum, maka sudah sejak lama ada keinginan untuk menempuh Kumano Kodo


Kumano Kodo path
Kumano Kodo adalah serangkaian rute ziarah kuno yang terkenal di Jepang, bahkan terdaftar sebagai UNESCO World Heritage dengan nama Sacred Sites and Pilgrimage Routes in the Kii Mountain Range.


Kumano Kodo stone path
Konon di seluruh dunia hanya ada 2 rute perjalanan ziarah yang masuk dalam UNESCO World Heritage, yaitu Route of Santiago de Compostela (Way of St. James) di Spanyol dan Kumano Kodo di Jepang. UNESCO bukan hanya menilai dari keindahan pemandangan, hutan yang asri, dan jalan setapak dari batu di sepanjang Kumano Kodo, tapi lebih karena ini adalah kebudayaan yang hidup dalam bentuk situs suci.


Rocky stairs, green mosh, wild flower, dense forest 
Sedangkan Kumano Sanzan adalah 3 Grand Shrines di area Kumano, yaitu Nachi Taisha, Hatayama Taisha, dan Hongu Taisha. Ke-3 kuil suci ini menjadi pusat dan tujuan akhir dari perjalanan panjang Kumano Kodo.


Kumano Sanzan : Nachi Taisha, Hatayama Taisha, dan Hongu Taisha
Kumano dinobatkan sebagai tempat suci di mana para dewa tinggal sejak zaman kuno. Orang mempercayakan kebahagiaan masa depan mereka kepada para dewa dengan berziarah melintasi tracking yang berat dan alami untuk mengunjungi Kumano.


Definitely not an easy path
Selama lebih dari 1000 tahun rute-rute ini telah dan masih digunakan oleh para peziarah. Selain berdoa dan ritual keagamaan lainnya, pemurnian memainkan peran besar dalam perjalanan ini. Beberapa track melintasi daerah pegunungan, sehingga cukup sulit, bahkan kadang berbahaya. Namun, mengatasi kesulitan seperti itu merupakan bagian dari tujuan perjalanan ziarah.


Meoto-sugi, 800 years old husband and wive cedar trees at Daimonzaka
Sadar akan kemampuan diri sendiri, tak mungkin saya sanggup menjalani Kumano Kodo trail yang sebenarnya, jadi potong kompas aja langsung ke tujuan 3 grand shrines Kumano Sanzan^^



What a wonderful world ...

No comments:

Post a Comment