Sunday, November 30, 2014

Toko Merah, ternyata tak menjual merah...

Toko Merah, peninggalan arsitektur kolonial di Jakarta 

Toko Merah (Red Shop), located at Jl. Kali Besar Barat 11, Kota Tua, West Jakarta

Toko Merah, dari namanya otomatis kita berharap dapat membeli sesuatu di tempat ini. Tapi ternyata Toko Merah bukanlah sebuah toko...wkwkwk...


Toko Merah (Red Shop)



Dari sejarahnya, gedung yang dibangun pada tahun 1730 ini telah berganti fungsi dan kepemilikan berkali-kali. Jaman penjajahan Belanda, sempat berfungsi menjadi tempat tinggal beberapa Gubernur Jendral di Batavia. Pernah juga menjadi Navy Academy (Dutch Academie de Marine). Pernah juga menjadi hotel, bahkan menjadi kantor bank (Bank voor Indië), dan pernah menjadi milik seorang warga Tionghoa, yang menjadikannya toko dan mengecat merah bangunan ini .....dari sinilah nama Toko Merah berasal.

Remaining of banking facilities at Toko Merah main hall

Saat ini Toko Merah yang berada di kawasan Kota Tua menjadi bangunan cagar budaya DKI Jakarta, sudah dipugar dan berfungsi sebagai conference hall/gallery, dan sering disewakan untuk acara resepsi.


Toko Merah, part of DKI Jakarta cultural reservation building 

Dibandingkan gedung-gedung tua di sekitarnya, Toko Merah merupakan salah satu gedung yang kondisinya paling terawat, dengan ruang-ruangnya yang luas dan memiliki plafond tinggi khas arsitektur kolonial memberikan kesan mewah, ditambah interiornya didominasi warna kayu yang cantik.



Toko Merah elegance interior

Semoga lebih banyak lagi bangunan saksi sejarah masa kejayaan Batavia yang mendapat perhatian dan dirawat seperti Toko Merah ini.

XJC (Xplore Jakarta City), young generation who care about the culture and history of Jakarta

What a wonderful world...

2 comments:

  1. Bagus ya tempatnya. Waktu ke kota tua ga ada liat ini lho

    ReplyDelete
  2. Iya bagus banget, masih terawat & bersih. Kalau ke KoTu lagi coba mampir d...

    ReplyDelete